pitoyo.com menu left
pitoyo.com menu right

Webpitoyo.com

Advertisement


Buku Pitoyo Amrih

Novel-novel Kisah Dunia Wayang yang kembali diungkap secara lengkap sejak jaman para Dewa, era raja Harjunasasra, kejayaan Sri Rama, sampai kisah perseteruan dua saudara Pandawa dan Kurawa, hingga perang besar Baratayudha. Diakhiri dengan masa kejayaan dan keruntuhan negri Hastinapura di masa raja Parikesit.



KostumAnak Pitoyo.com

Ready stock berbagai kostum profesi untuk anak usia 3 s.d 8 th. Juga melayani pesanan berbagai kostum untuk anak maupun dewasa.


Herbadrink

Minuman Herbal untuk kesehatan. Dibuat dari ekstrak bahan alami, yang diproses dengan teknologi modern dan kualitas sesuai standard Good Manufacturing Practices


bannerkomentar

"Bintang 5 untuk Novel Resi Durna!"
Ulil Ananta


Home
Profil Pitoyo Amrih PDF Print E-mail
Monday, 06 December 2010 23:18

 

Pitoyo AmrihPitoyo Amrih dilahirkan di Semarang pada tanggal 13 Mei 1970. Dibesarkan oleh keluarga Jawa,  anak dari Soediono Kartodihardjo dan memiliki seorang adik bernama Basuki Nugroho. Menikah dengan Hestrini R. Wulandari dan dikaruniai putra Danendra Amrih. Saat ini tinggal di wilayah Solo, Jawa Tengah.

Pendidikan dasar dan menengah dilakoninya di Kota Semarang. Menyelesaikan pendidikan sarjana Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung pada tahun 1993, kemudian sempat hidup di Jakarta, Pekanbaru, dan saat ini menekuni profesi utama di bidang engineering di sebuah perusahaan farmasi di Solo.

Disamping didikan orangtua dan lingkungan sekolah, masa kecilnya  banyak ternasehati oleh kisah-kisah dan model karakter tokoh pewayangan yang ketika itu hampir setiap bulan tak pernah ia lewatkan menyaksikan pagelaran wayang kulit rutin di kota Semarang. Pribadi seperti Wisanggeni dan Antasena adalah karakter yang menginspirasinya, sementara tokoh yang banyak mengilhami cara dia berpikir dan bertindak adalah Sadewa.

Selain menjalani profesinya, menulis, musik dan melukis adalah hal yang selalu ditekuninya  dalam mengekspresikan hidup. Film juga banyak memberinya pelajaran tentang kehidupan. Melalui buku-buku mereka, orang-orang seperti Stephen Covey, Emha Ainun Nadjib, Kahlil Gibran, Quraish Shihab, Goenawan Muhamad, Umar Kayam, Jalalludin Rakhmad, Gde Prama, Andrias Harefa, Mohammad Sobari, Nadirsyah Hosen, Roy Sembel, Rhenald Kasali, Paul Strathern, Jostein Gaardner, Mustofa Bisri, dan banyak lagi, telah memberikan banyak masukan untuknya menyikapi hidup.

Buku “Your Job is not Your Career” (Renee Suhardono-Lentera Hati, 2010) cukup memberinya inspirasi untuk sampai saat ini tetap teguh menjalani profesi lain selain profesi utamanya. Profesi sebagai seorang penulis dan profesinya sebagai praktisi bisnis di Internet.

 

Profil Profesi Penulis

Banyak buku-buku yang dibacanya, membuat dia tergerak untuk juga menuangkan ide, pikiran dan gagasannya dalam bentuk tulisan. Sejak tahun 1997 dia banyak menulis artikel yang lebih banyak bertema pemberdayaan diri terutama dalam lingkup diri dan keluarga. Beberapa kali disaji di harian-harian lokal kota Solo, dan secara rutin mengisi kolom dua mingguan di website www.pembelajar.com milik Andrias Harefa dan www.andriewongso.com milik Andrie Wongso.

Pitoyo kembali menggali ingatannya akan falsafah Jawa yang diperolehnya dari kisah wayang di masa kecil dulu, ketika mendapati bahwa ilmu pengembangan diri modern, seharusnya hanya menjadi pelengkap bagi nilai-nilai kearifan lokal. Nilai budaya kearifan lokal yang seharusnya menjadi hal utama dalam pengembangan diri, saat ini seperti asing di negeri sendiri.

Itulah yang kemudian sejak tahun 2006, Pitoyo mulai menulis buku yang mencoba mengangkat kembali falsafah dan nilai kearifan budaya Jawa yang tersalut dalam kisah-kisah Dunia Wayang. Pitoyo juga punya obsesi tersendiri untuk menulis sequel kisah dunia wayang versi Yoyakarta-Surakarta dalam bentuk novel secara lengkap sejak dari jaman para dewa, masa Harjunasasra, kejayaan Sri Rama, kisah Mahabarata, sampai dengan perang besar Baratayudha, kejayaan dan keruntuhan Parikesit, agar selain kisah itu menjadi lestari, juga nilai falsafah Jawa itu bisa tersampaikan ke generasi selanjutnya.

Dan pendekatan yang dia lakukan sebagai pembeda dengan buku-buku wayang serupa lainnya adalah, pada pilihan mengambil cerita kehidupan detail imajinatif tokoh-tokoh dunia wayang yang dia anggap bisa memberikan inspirasi bagi kehidupan kita manusia. Itulah mengapa Pitoyo Amrih selalu memberi penekanan bahwa novel Dunia Wayang yang dia tulis, adalah sebuah kisah inspiratif. Dan baginya, kisah inspiratif tidak harus dari perjalanan tokoh protagonis yang watak baiknya memang bisa menjadi tauladan menjalani hidup, tapi juga pada tokoh antagonis ataupun tokoh kontroversial, dimana justru dari kekeliruan-kekeliruan jalan hidupnyalah kita juga bisa memetik hikmah pelajaran dan inspirasi agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Novel Dunia Wayang yang sudah terbit :

1.        Antareja-Antasena, Jalan Kematian Para Ksatria (Pinus, 2007)

2.        Narasoma, Ksatria Pembela Kurawa (Pinus, 2008)

3.        The Darkness of Gatotkaca (DivaPress, 2009)

4.        Pertempuran 2 Pemanah Arjuna-Karna (DivaPress, 2009)

5.        Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata (DivaPress, 2010)

6.     Resi Durna, Sang Guru Sejati (DivaPress, 2010)

7.     Memburu Kurawa (DivaPress, 2011)

8.     Pandawa Tu7uh (DivaPress, 2012)

9.     Wisanggeni Membakar Api (DivaPress, 2013)


Dan dalam penulisan sequel novel kisah Dunia Wayang ini, Pitoyo Amrih tidak setengah-setengah. Di ruang kerja penulisannya di rumahnya, Pitoyo mengumpulkan segala macam literatur tentang kisah Wayang Purwa Jawa, baik dari sumber Pustaka Raja untuk yang versi Surakarta, ataupun Purwa Kandha untuk yang versi Yogyakarta, termasuk Ensiklopedia Wayang yang memuat 600-an tokoh karakter wayang, dengan risalah sekitar 170-an lakon wayang. Dari semua sumber pustaka itu, Pitoyo membuat timeline kisah sejak dari jaman Lokapala sampai Parikesit. Atas imajinasinya, Pitoyo juga membuat gambar peta dunia wayang, lengkap dengan lanscape, sebaran lokasi negri-negri wayang, demografi, model hukum dan aturan yang mungkin ada pada dunia wayang itu. Membuat sketsa-sketsa tentang kejadian, bangunan kraton, kostum. Juga catatan tentang karakter dasar tiap ras yang diceritakan di novelnya. Membuat model-model sebagai visualisasi detail scene sebelum dituliskan. Menggali konflik tiap karakter utama. Juga penggambaran tentang anatomi fisik tiap ras bangsa.

Tidak berhenti di situ, Pitoyo juga mencoba belajar memahami gaya penulisan yang dianggapnya memiliki karakter seperti Emha Ainun Najib, Goenawan Muhamad, Quraish Shihab, Umar Khayam, Mustofa Bisri, Khalil Gibran, Paulo Coelho. Pitoyo juga belajar bagaimana para novelis yang mendunia menghasilkan karyanya, seperti Dan Brown, John Grisham, J.K Rowling, J.R.R Tolkien, Michael Crichton, Tom Clancy, Sidney Sheldon juga Robert Ludlum. Dan agar selalu atmosfir budaya Jawa itu kental dan terasa dalam setiap novelnya, Pitoyo juga selalu menyempatkan waktu untuk berdiskusi, bertukar pikiran dengan komunitas seniman dan budayawan di kota Solo dan Yogyakarta.

 

Sementara buku Kumpulan Artikel yang juga banyak mengambil ide nilai-nilai dalam kisah wayang, yang sudah terbit adalah :

1.        Kebaikan Kurawa (Pinus, 2008)

2.        7 Habits of Highly Effective People versi Semar dan Pandawa (Pinus, 2008)

3.        Ilmu Kearifan Jawa (Pinus, 2009)

 

Kumpulan artikel Pitoyo juga sudah di klipping di situs www.kumpulantulisan.pitoyo.com. Penulisan buku-buku wayang ini, juga membuat Pitoyo saat ini banyak berinteraksi dengan komunitas seniman dan budayawan kota Solo.

 

KLIK DISINI untuk membaca ulasan tentang Pitoyo Amrih di Halaman Sosok Harian KOMPAS Edisi Cetak Jumat 11 Maret 2011.

pitoyo amrih di harian kompas

atau KLIK DISINI untuk membaca isi ulasan di atas di web ini.

 

KLIK DISINI untuk membaca reportase satu halaman tentang Pitoyo Amrih di Harian Koran Sindo (Seputar Indonesia) edisi Minggu, 18 November 2012

koransindo 


Profil Profesi Praktisi Pebisnis di Internet

Pada tahun 1995, PT. Konimex, perusahaan tempat Pitoyo bekerja menugasinya untuk bergabung dalam tim yang mengkaji tentang manfaat internet dalam strategi bisnis perusahaan. Dari sana Pitoyo banyak belajar tentang pemrograman web, konsep e-commerce, dan konsep-konsep bisnis di internet. Pelajaran itu tak sebatas dia serap dalam bentuk teori tapi dia coba praktekkan melalui proyek pribadinya yang mengusung konsep pure-player pelaku usaha di internet.

Tahun 2005, Pitoyo mendaftarkan domain www.pitoyo.com, yang selain berfungsi sebagai laboratorium bagi praktek usaha di internet, juga mengusung kampanye pemberdayaan diri dan keluarga, sekaligus sebagai upaya personal-branding usahanya di internet. Produk yang dijual adalah produk terutama untuk segmen keluarga menengah ke atas. Seiring pertumbuhan usaha, khusus untuk e-sales dan e-marketing produk, kegiatannya dipisah secara spesifik sebagai unit usaha, dikelola secara penuh oleh Hestrini, istri Pitoyo, dipelihara secara khusus di sub-domain www.webstore.pitoyo.com  . Laba dari unit usaha ini selain dimaksudkan untuk membiayai ketersinambungan situs pitoyo.com, oleh Pitoyo juga dimaksudkan sebagai unit usaha untuk membiayai upaya-upaya kampanye pemberdayaan diri dan keluarga. Juga upaya menggali dan melestarikan budaya bangsa, terutama yang terkait nilai, karakter dan kearifan Jawa, dan upaya pelestarian budaya Wayang Indonesia sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia yang dimiliki bangsa Indonesia. Sehingga bisa mengambil peran positif dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, dan memperkuat karakter budaya bangsa Indonesia.

Seiring dengan terbitnya buku-buku Pitoyo, juga secara khusus branding e-marketing buku-bukunya dibuat tersendiri di situs www.duniawayang.pitoyo.com dan www.galeri.wayang.pitoyo.com. Juga melayani penjualan buku tersebut secara online di www.buku.pitoyo.com. Semua praktek usaha di internet ini juga sempat didokumentasikan dalam bentuk buku yang merupakan kumpulan artikel pengalamannya membangun usaha di internet. Buku berjudul “Jurus-jurus Dahsyat Membangun Bisnis di Internet”

Selama menekuni dunia internet ini, Pitoyo akrab dengan beberapa bahasa pemrograman di internet yang selama ini dipakai, baik yang bersifat dasar, maupun program pengembangan yang dilakukannya, meliputi :

  • Program CMS (Content management System) endonesia 8.4, program CMS dasar yang menurut Pitoyo sangat baik dipakai untuk mengawali pembelajaran akan program web. Program ini masih dipakai di situs Pitoyo.com dan DuniaWayang Pitoyo.com.
  • Program E-commerce Oscommerce 2.x beserta pengembangannya, penambahan add-on, ekstensi, dan aplikasi third-party seperti yang sudah dilakukannya di Pitoyo Dotcom Webstore dan Pitoyo eBook Publishing. Program toko online dan e-commerce yang kemudian juga terintegrasi dengan sistem pembayaran aman Paypal.
  • Program Image Gallery 4Images 1.7.x beserta pengembangannya, yang sudah diaplikasikan di situs Galeri Wayang Pitoyo.com.
  • Program CMS Joomla 1.5, beserta pengembangannya, penambahan ekstensi, modul, dan plugin, seperti yang sudah dilakukan pada halaman situs ini.
  • Beberapa situs yang juga pernah dikembangkan tapi kurang prospektif sehingga saat ini terhenti juga pernah dilakukan dengan menggunakan program Noah's Classified.
  • Program Project Manajement PHProjekt, yang dikembangkan di internal perusahaan tempatnya bekerja sebagai project information system.
  • Program bahasa dasar HTML, PHP dan SQL yang membangun semua program diatas.
  • Program-program aplikasi yang memungkinkan integrasi dengan situs social-network semacam Google, Yahoo!, Facebook, Twitter, Goodread. Juga pemorgraman afiliasi terintegrasi misalnya dengan Amazon, Google Adsense, Bidvertiser, dsb.
  • Pada tanggal 17Agustus 2011, bersama teman-teman yang peduli tentang budaya nusantara, Pitoyo meluncurkan situs WikiNusantara.org, sebuah situs nirlaba, yang diniatkan untuk menggugah semua elemen bangsa agar kembali membangun kebanggaan terhadap kebangsaan berbangsa Indonesia. Situs berbasis wiki dengan program open source MediaWiki ini, diharapkan akan membangun komunitas bangsa Indonesia, untuk siapa saja mau menuliskan artikel apa saja semua tentang Indonesia. Setahun berjalan, rupanya penggunaan konsep open MediaWiki ini membutuhkan pengawasan yang lebih agar konten yang diunggah relevan dan berkualitas. Kemampuan sumber daya yang terbatas, tidak cukup mampu mengendalikan pertumbuhan entri. Sehingga situs kemudian dilepas pengelolaannya dan ditutup.

 

Profil Profesi Engineering

Memulai karir sebagai Engineer di tahun 1994 di PT Konimex. Selain menangani kegiatan operasional Maintenance mesin-mesin Food dan Farmasi, Pitoyo juga banyak terlibat dalam proyek-proyek pengembangan pabrik. Dia juga terlibat aktif dalam perumusan penerapan konsep-konsep TPM (Total Productive Maintenance) dan World Class Manufacturing di perusahaannya. Juga pernah memimpin kajian dan penerapan rumusan OEE (Overall Equipment Effectiveness) yang bisa diterapkan secara unik merekam performance semua mesin proses di perusahaan tempat dia bekerja.

Praktisi dan terlibat dalam berbagai proyek-proyek yang mengaplikasikan metode-metode Industrial Management modern, baik yang bersifat strategis maupun teknis sebagai penerapan dan pengembangan dari konsep-kosep :

  • World Class Manufacturing
  • Total Productive Maintenance (TPM)
  • Overall Equipment Effectiveness (OEE)
  • Total Quality Management (TQM) 
  • Continuous Improvement
  • Good Manufacturing Practices
  • 7 Habits of Highly Effective People
  • Project Management
  • Commissioning and Qualification
  • Quality Risk Management
  • Balance Score Card
  • Design of Experiments (DOE)

Tahun 2002 menjabat Chief Engineer dan memimpin pemeliharaan mesin-mesin produksi di lingkup mesin proses produksi Farmasi.

Tahun 2010 bertugas di bagian Validasi menjabat sebagai Validation Officer, yang bertanggung jawab mengkoordinasi proyek-proyek kualifikasi mesin dan validasi proses untuk kepentingan regulasi bagi sebuah perusahaan farmasi. Adalah fungsi di sebuah perusahaan farmasi yang menjamin bahwa produk yang dihasilkan akan selalu memenuhi kualitas yang dipersyaratkan dan aman bagi konsumen obat.

Keterlibatan dalam proyek yang pernah ditangani secara langsung:

  • Project Engineer untuk setup Food Plant Facility, sejak dari design, construction, utility and production machine-setup, commissioning, hand-over, dan initial production running.
  • Project Engineer untuk kajian penerapan dan feasibility study  sistem komputerisasi, internet, dan e-commerce  untuk diterapkan dalam perusahaan.
  • Project Leader untuk re-furbished dan re-location Confectionery Facility Plant, sejak dari design, re-location fast track agar tetap menjamin ketersediaan produk selama proses pemindahan mesin, start-up and optimizing.
  • Project Leader penerapan konsep Total Productive Maintenance (TPM) di Pharmaceutical Plant Facility, terutama untuk penerapan 4 pilar pertama, Focused Improvement, Autonomous Maintenance, Schedule Maintenance dan Maintenance Training and Learning Project.
  • Project Leader dalam rangka memformulasikan konsep pengukuran performance mesin OEE (Overal Equipment Effectiveness), sejak dari design, formulation, implementing, training, dan konsep paperless measuring, monitoring and controlling.
  • Project Leader dalam rangka komputerisasi proses administrasiTechnical Service Department.
  • Project Secretary untuk pembangunan Pharmaceutical Oral Dosage Form Plant Facility, sejak dari feasibility study, design, construction, utility and production machine-setup, commissioning, machine and equipment qualification, proccess validation, hand-over, dan initial production running.
  • Project Engineer untuk pembangunan Pharmaceutical Liquid Dosage Form Plant Facility,  sejak dari feasibility study, design, production machine-setup, commissioning, machine qualification, process validation, hand-over, dan initial production running.
  • Project Leader untuk berbagai pengadaan mesin baru (baik mesin utilitas maupun mesin produksi Farmasi), sejak dari feasibility study, design, machine-setup, commissioning, machine qualification, process validation, hand-over, dan initial production running.
  • Project Leader untuk berbagai proyek Kualifikasi mesin-mesin di Pharmaceutical Plant Facility.
  • Project Leader untuk kajian konsep Paperless Qualification Validation.
  • Project Leader untuk penyediaan fasilitas Thermal Validation.
  • Project Leader untuk desain dan aplikasi Calibration Management System (in progress).

 

 




Last Updated on Saturday, 09 March 2013 11:55
 
Like Pitoyo Amrih on FacebookFollow @PitoyoAmrih on Twitter



Copyright © 2014 KupasPitoyo, KumpulanTulisan PitoyoAmrih. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.
Novel Wayang Pitoyo AmrihGaleri Wayang Pitoyo.com



Terbaru

Popular

NovelWayang

GaleriWayang


Powered by Joomla!. Template by Themza Joomla 1.5. Design by Pitoyo.com. Valid XHTML and CSS.

Pitoyo Dotcom | Jl Cemani Indah D-22, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Solo 57552, Indonesia | Telp/Fax +62-271-631671

Twitter @PitoyoAmrih
Beli Buku karya Pitoyo Amrih
Kontak Pitoyo Amrih
Facebook Pitoyo Amrih
LinkedIn Pitoyo Amrih
Langganan KupasPitoyo