Pencarian selanjutnya
 
User Terdaftar

Username:

Password:

Log in otomatis pada kunjungan berikutnya?

» Lupa password
» Regristrasi
Random tayangan

Kapi Druwenda
Kapi Druwenda
Bangsa Kera
Komentar: 0


Tentang Pitoyo Amrih

Pitoyo Amrih

NovelWayang PitoyoAmrih


Flag counters!

 

 

 

Donate 5 USD to contribute on building the valuable content about Wayang Indonesia to this Galeri Wayang site

loading...

Yudhistira


 

NovelWayang PitoyoAmrih

 


 

Yudhistira

            


Yudhistira
Deskripsi: Adalah putra sulung Pandu dan Dewi Kunti. Tertua dari kerabat Pandawa. Lahir di tengah kehidupan istana Hastinapura. Ketika muda bernama Samiaji. Besar oleh didikan watak ksatria ayahnya. Selalu mengedepankan pendekatan dialog daripada kekerasan, dengan pusaka ajian Kalimasada, melawan tanpa perlawanan. Tipu muslihat Kurawa menyebabkan dia terusir dari istana. Sehingga membuka lahan hutan Wanamarta, mendirikan negara Amarta. Keelokan istana amarta membuat iri Kurawa, sehingga kembali tipu muslihat Kurawa membuat Yudhistira dan seluruh Pandawa terusir dari istana Amarta. Dan harus menyaru sebagai rakyat biasa bernama Wijakangka.
Konflik berkepanjangan Hastinapura, akhirnya harus ditempuh dengan penyelesaian perang, perang Baratayudha. Yudhistira tidak banyak terlibat dalam perang secara langsung, dialah yang memimpin seluruh pasukan, mengarahkan dari barisan belakang, atas nasihat dan petunjuk raja Dwarawati, Sri Kresna.
Kemenangan Pandawa, mengembalikan negri Hastinapura kembali kepada kepemimpinan Yudhistira. Semakin luas wilayahnya, karena juga tergabung dengan negri Amarta di sebelah baratnya. Ketika kerajaan diserahkan ke tampuk cucu keponakannya, Parikesit, Pandawa pun turun keluar istana mengembara menjalani kehidupan sebagai seorang resi. Berjalan ke utara, ke puncak Argaloka, terus ke utara ke ketinggian gunung Mahameru, puncak tertinggi dunia wayang. Tak ada yang tahu persis kapan dan bagaimana kematiannya.
Kata kunci: Yudhistira, Pandawa, Amarta, Samiaji, Wijakangka
Tanggal: 18.01.2009 09:53
Hits: 67967
Downloads: 577
Rating: 3.80 (5 Vote(s))
File size: 57.0 KB
Added oleh: pitoyo

 



 



Author: Komentar:
Tak ada komentar terhadap gambar ini



   Tayangan selanjutnya:
Bima

 

 

RSS Feed: Yudhistira (Komentar)

Wayang Pedia

Buku Pitoyo Amrih

↑ Grab this Headline Animator