Sebelum kita menelaah lebih jauh mengenai definisi OEE sendiri, ada baiknya kita coba diskusikan dahulu tiga pengertian kaitannya dengan sebuah ‘kerja’ yaitu : Efektivitas, Efisiensi dan Produktifitas.

Kalau ditelaah dari segi arti kata bahasanya, memang tidak mudah untuk memberikan pembeda yang jelas dan tegas pada ketiga hal tersebut. Dari istilah bahasa induknya misalnya, ketika saya sedikit mengintip The Grolier Dictinonary, Lexicon Publication. Inc, tahun 1992, dijabarkan arti ketiga kata tersebut sebagai berikut :

Effectiveness, merupakan kata keterangan dari effective, yang berarti :

  • Causing or capable of causing a desired of decisive result
  • In use, in force or in operation
  • Causing a selling or striking effect

Efficiency, , merupakan kata keterangan dari efficient, yang berarti    :

  • Competent, working properly
  • Producing nearly as much work as it uses

Productivity

  • Ability to produce
  • Able to produce of producing in abundance
  • Producing goods which have economic value

Walaupun dari kalimat-kalimat di atas kita tahu ketiga kata tersebut bisa saling berhubungan, tapi keterangan yang disampaikan sepertinya masih membuat kita belum begitu tajam terhadap pengertian makna ketiga kata tersebut, serta hubungan keterkaitannya, lebih-lebih garis batas definisi yang jelas antar ketiganya.

Untuk melengkapi wawasan saya, coba saya lihat juga pada Kamus Umum Bahasa Indonesia mengenai ketiga hal tersebut. Saya ambil pada Kamus Umum Bahasa Indonesia, W.J.S. Poerwodarminto, PN Balai Pustaka, tahun 1983, dengan penjabaran sebagai berikut :

Efektifitas, berasal dari kata efektif, yang berarti :

  • Ada efeknya, manjur, mujarab, mempan

Efisiensi, berasal dari kata efisien yang berarti :

  • Cermat, tidak membuang-buang energi dan waktu
  • Paling sesuai dan tepat untuk sesuatu tujuan

Produktifitas

  • Banyak mendatangkan hasil.

(bersambung)

Pitoyo Amrih

Ada sebuah perusahaan fiktif bernama PT MAJU. Perusahaan ini memproduksi air mineral dalam kemasan gelasplastik. Mesin yang dimiliki perusahaan ini adalah mesin pembentuk gelas plastik sekaligus mengisi air mineral, sebanyak dua unit.

Bulan ini pesanan begitu meningkat. Bagian pemasaran yang telah berhasil melakukan promosi membuat bagian produksi jungkir-balik selama dua puluh empat jam menjalankan mesinnya untuk mengejar permintaan bagian pemasaran. Dan sudah terlihat di depan mata, bulan depan pesanan bagian pemasaran naik 30 % dari bulan sekarang. Sementara bulan ini mesin telah jalan siang malam, bahkan minggu pun masuk untuk mengejar kekurangannya.

“Gila! Harus segera saya usulkan membeli satu unit mesin lagi untuk mengejar permintaan bulan depan,” teriak Pak Joni, sang kepala produksi. “Dan awal bulan depan mesin itu sudah di sini..!” imbuhnya.   ...selengkapnya

Bookmark This

Follow Us

Powered by CoalaWeb

 

KupasPitoyo, KumpulanTulisan Pitoyo Amrih, yang juga berbicara tentang Pemberdayaan Diri, ..pemberdayaan berkesinambungan bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa... khususnya melalui budaya... selengkapnya..

Pitoyo Amrih.... terlibat aktif dalam perumusan penerapan konsep-konsep TPM (Total Productive Maintenance) di perusahaan tempatnya bekerja. Juga pernah memimpin kajian dan penerapan rumusan OEE (Overall Equipment Effectiveness) yang bisa.....  ...selengkapnya