Punch FaceMenyambung artikel sebelumnya, kalau gambar samping punch mesin cetak tablet kita lihat dari sisi penampang, maka akan terlihat apa yang disebut sebagai 'Key Angle'. Sudut ini tentunya adalah sudut dengan mengambil reference sumbu nol derajat dari letak 'pengunci' gerakan berputar punch itu sendiri, dengan garis yang kita anggap sebagai sumbu 'Tip face'. Tip face sendiri (gambar bawah) bisa kita lihat merupakan 'wajah' dari pencetakkan tablet yang nantinya membentuk kontur permukaan tablet, baik atas maupun bawah.

Pada gambar bawah, sebagai gambar potongan melintang khususnya padatip face tip face. Ada istilah 'Cup Depth' dan 'Blended Land' (lihat gambar), yang menurut saya juga merupakan hal penting harus jadi perhatian terutama bila kita membuat desain produk baru dengan dimensi tablet yang berbeda atau bahkan belum pernah ada. Dimensi cup-depth dan blended-land sangat tergantung dari desain tablet. Mempertimbangkan bahwa dimensi ini bisa berpengaruh pada sifat atribut tablet jadi nantinya (misalnya cup-depth yang terlalu 'dalam' akan memperbesar kerapuhan), dan tingkat kesultan dalam pembuatan punch itu sendiri (misalnya dimensi blended-land yang terlalu kecil akan memperbesar resiko ujung punch pecah selama proses).

punch_term2Beberapa terminologi lain pada punch bisa dilihat digambar samping. Ada istilah 'Tip Straight', 'Stem', 'Barrel', 'Neck', 'Head', 'Head Outside Diameter' (atau dalam gambar disebut Head o/ Diameter), 'Neck to Head Radius', 'Barrel to Neck Radius', dan 'Barrel to Stem Radius'. Dan perlu diingat bahwa sebaiknya kita membatasi untuk melakukan intervensi terhadap penentuan desain dimensi-dimensi yang disebut di atas. Karena hal ini lebih banyak merupakan pertimbangan fungsionality dari punch, bukan hal yang perdampak langsung pada mutu. Pembuat mesin cetak tablet atau desainer tooling cetak tablet tentunya lebih berkompeten dalam hal ini.

Terminologi Die Mesin Cetak Tablet. 

Bisa dilihat digambar bawah, untuk istilah pada Die adalah 'Die Groove' ini adalah cekungan melingkar sebagai landasan pengunci dimana dibentuk dengan 'Protection Radius' tertentu. Untuk bentuk tablet yang tidak lingkaran (kotak, segitiga, kaplet, multi-punch, dsb), elemen ini termasuk kritis. Karena disini kita menjaga agar die tidak berputar selama operasinya. Die Berputar bisa fatal akibatnya. 'Die Bore' adalah diameter lubang die, kemudian 'Chamfer' yang selain menghindari ujung runcing di sisi dalam die, juga punya peran sebagai 'pengarah' punch saat proses penetrasi pencetakkan tablet. Cacat capping pada tablet bisa terjadi 'hanya' karena faktor penentuan chamfer yang kurang tepat. 'Height' adalah ketinggian die. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tebal turret mesin cetak tablet itu sendiri.

 

Untuk jenis 'Tapered Die' ada beberapa istilah tambahan yaitu 'Tapered Length' pada wilayah Taper itu sendiri. Jenis die ini biasanya dipilih untuk mesin-mesin cetak tablet kecepatan tinggi (diatas 100.000 tablet/jam) untuk pertimbangan formulasi tablet tertentu terutama yang sifat higroskopis tinggi. Dimana fungsi taper adalah lebih memberi kesempatan udara yang terjebak dalam bulk sebelum proses cetak agar dilalukan secara baik. Udara yang terjebak bisa menyebabkan kondisi cacat capping tablet.

Pitoyo Amrih

 

Ada sebuah perusahaan fiktif bernama PT MAJU. Perusahaan ini memproduksi air mineral dalam kemasan gelasplastik. Mesin yang dimiliki perusahaan ini adalah mesin pembentuk gelas plastik sekaligus mengisi air mineral, sebanyak dua unit.

Bulan ini pesanan begitu meningkat. Bagian pemasaran yang telah berhasil melakukan promosi membuat bagian produksi jungkir-balik selama dua puluh empat jam menjalankan mesinnya untuk mengejar permintaan bagian pemasaran. Dan sudah terlihat di depan mata, bulan depan pesanan bagian pemasaran naik 30 % dari bulan sekarang. Sementara bulan ini mesin telah jalan siang malam, bahkan minggu pun masuk untuk mengejar kekurangannya.

“Gila! Harus segera saya usulkan membeli satu unit mesin lagi untuk mengejar permintaan bulan depan,” teriak Pak Joni, sang kepala produksi. “Dan awal bulan depan mesin itu sudah di sini..!” imbuhnya.   ...selengkapnya

Bookmark This

Follow Us

Powered by CoalaWeb

 

KupasPitoyo, KumpulanTulisan Pitoyo Amrih, yang juga berbicara tentang Pemberdayaan Diri, ..pemberdayaan berkesinambungan bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa... khususnya melalui budaya... selengkapnya..

Pitoyo Amrih.... terlibat aktif dalam perumusan penerapan konsep-konsep TPM (Total Productive Maintenance) di perusahaan tempatnya bekerja. Juga pernah memimpin kajian dan penerapan rumusan OEE (Overall Equipment Effectiveness) yang bisa.....  ...selengkapnya